Manfaat buah duku bagi kesehatan

Buah duku merupakan buah musiman yang banyak tumbuh di Indonesia serta pada umumnya tumbuh didaerah asia tenggara barat seperti thailand dan filipina.Selain mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan,rasa buah ini juga sangatlah unik.Serta harga buah ini pun terbilang murah.
Buah duku mengandung beberapa vitamin serta serat yang diperlukan bagi tubuh. 

Inilah manfaat buah duku bagi kesehatan: 

1.Membantu mencegah sembelit. 

Manfaat yang pertama dari buah duku yaitu membantu mencegah sembelit.Tahukah anda buah ini juga bisa loh untuk mencegah terjadinya sembelit.Dikarenakan pada kandungan dari buah duku sendiri memiliki serat yang begitu tinggi.100 gram buah duku mengandung setara dengan 2 gram lebih serat.
Kebutuhan serat tersebut  8 sampai 11 persen untuk wanita dewasa serta 6 sampai 8 persen untuk pria dewasa.Jadi, makanan yang tinggi serat dapat membantu mencegah resiko sembelit. 

2.Melindungi sel. 

Manfaat selanjutnya yaitu melindungi sel bagi tubuh.Aliran darah yang tidak optimal membuat sel-sel dalam tubuh mulai terganggu dan tidak sepenuhnya berjalan normal.Kandungan vitamin A dari buah duku sendiri merupakan kelompok vitamin yang larut akan lemak terdiri atas karotenoid serta retinol.
Karoten pada buah duku terdapat antioksidan yang kuat untuk mencegah sel agar jauh dari radikal bebas. 

3.Antioksidan alami. 

Buah duku mempunyai khasiat sebagai sumber antioksidan alami bagi tubuh.Vitamin A pada buah duku mengandung felifonal sejenis antioksidan alami.Selain itu, para ahli kesehatan menyebutkan bahwa langsat duku mempunyai antioksidan yang tinggi setara dengan buah-buah tropis seperti pisang dan pepaya. 

4.Mengurangi gula pada tubuh. 

Manfaat lainnya dari buah duku yaitu mengurangi gula yang berlebihan didalam tubuh.Kandungan vitamin B1 atau tiamin pada buah duku dapat memecahkan gula atau mengurangi gula dalam tubuh.Untuk itu, disarankan untuk mengonsumsi buah duku bagi yang ingin gula dalam tubuhnya cepat berkurang. 

Itulah beberapa manfaat dari buah duku bagi kesehatan,semoga bermanfaat untuk kita semua.Salam keluarga sehat๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat buah rukam untuk kesehatan tubuh

Manfaat stroberi untuk kesehatan tubuh

Manfaat jambu mete untuk kesehatan tubuh