Manfaat berpuasa untuk kesehatan

Berpuasa dibulan suci ramadhan merupakan salah satu dambaan bagi umat muslim untuk mendapat pahala dan ampunan dosa dari Allah swt.Selain mendapat pahala serta ampunan dosa berpuasa juga bermanfaat untuk kesehatan.Dengan berpuasa kesehatan menjadi lebih fit dari hari-hari sebelumnya. 

Inilah manfaat berpuasa untuk kesehatan: 

1.Membantu mengurangi kegemukan. 

Berpuasa memberikan kabar baik untuk dunia kesehatan.Kabar baiknya berpuasa awal yang sukses untuk menjalani proses diet agar bisa menurunkan berat badan ataupun kegemukan.Tubuh menyimpan glukosa dalam mengurai lemak-lemak jahat yang ada ditubuh.Maka dari itu, salah satu kegunaan saat kita berpuasa  ialah untuk membantu mengurangi kegemukan. 

2.Menghilangkan kecanduan. 

Berpuasa merupakan kegiatan menahan diri dari makan dan minum  sepanjang hari tanpa kita ketahui bahwa hal tersebut bisa melupakan seseorang akan zat adiktif.Misalnya kecanduan dari zat adiktif yang berupa rokok, kopi (Kafean), miras(alkohol)  serta zat-zat adiktif lainnya.Meskipun masih banyak cara untuk menghilangkan kecanduan, setidaknya berpuasa juga bisa dalam menghilangkan kecanduan. 

3.Mengurangi tekanan darah tinggi. 

Saat berpuasa tekanan darah mulai menyusut dengan sendirinya.Tekanan darah yang tinggi membuat tubuh menjadi tidak normal serta sangat berdampak untuk kesehatan.Untuk itu pula, berpuasa sangat di perhitungkan dalam hal mengurangi tekanan darah tinggi.

4.Mengatur kekebalan tubuh. 

Kekebalan tubuh sangat dibutuhkan saat melakukan segala aktivitas serta kesehatan apalagi kekebalan tubuh.Sistem kekebalan tubuh dipengaruhi oleh lingkungan serta asupan makanan yang dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh.Pola makanan yang sehat harus di terapkan pada kekebalan tubuh.Sayur-sayuran serta buah buahan bisa untuk menjadi alat asupan makanan untuk memperlancar kekebalan tubuh seseorang.Untuk itu, kekebalan tubuh sangat diperhatikan dalam kesehatan agar tubuh tetap normal serta lancar untuk melakukan kegiatan yang bersifat menyehatkan diri kita sendiri. 

Berpuasa yang sehat tetap memerhatikan kesehatan tubuh diri sendiri,manfaatnya bisa kita lakukan selagi dapat mecoba serta menikmatinya, salam keluarga sehat😇☺

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat buah rukam untuk kesehatan tubuh

Manfaat stroberi untuk kesehatan tubuh

Manfaat jambu mete untuk kesehatan tubuh